Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Pengaruh Radiasi Tower BTS Bagi Kesehatan Manusia

Pengaruh Radiasi Tower BTS Bagi Kesehatan Manusia. BTS adalah singkatan dari kata base transmission station. Istilah base transmission station apabila disingkat yaitu menjadi BTS. Akronim BTS (base transmission station) merupakan singkatan/akronim resmi dalam Bahasa Indonesia. Bolak balik sama saja ya...maksudnya. Yang jels orang-orang sering menyebutnya tower telponmisalnya tower Indosat, tower Xl, tower Telkomsel dan sebagainya.

Pada saat suatu operator selular akan membangun BTS, biasanya warga sekitar akan menolak dengan alasan BTS tidak baik untuk kesehatan dan alasan yang lain. Alasan lain karena adalah kuarngnya sosialiasi kepada warga dan khawatir akan mengganggu kesehatan warga sekitar tower.

Dari berita yang saya baca, beberapa alasan keberatan warga Cangkringan antara lain:
·         Khawatir terganggunya kesehatan/kanker
·         Khawatir terganggunya sinyal televisi
·         Khawatir daerah tersebut jadi rawan petir
·         Khawatir tower roboh dan merusak rumah warga
·         Belum adanya sosialisasi ke warga sekitar

Lalu apakah beralasan jika alasan keberatan yang mereka sampaikan adalah kekhawatiran terganggunya kesehatan mereka? Betulkah keberadaan tower itu akan mengakibatkan masyarakat sekitar terganggu kesehatannya?


Batas Radiasi Elektromagnetik
Level batas radiasi elektromagnetik yang diperbolehkan menurut standar WHO(World Health Organization) adalah 4,5 watt/m2 untuk perangkat yang menggunakan frekuensi 900 MHz dan 9 watt/m2 untuk frekuensi 1800 MHz.Level maksimum yang dikeluarkan oleh IEEE (Institute of Electrical and Electronic Engineers) 6 watt/m2 untuk frekuensi 900 MHz dan 12 watt/m2 untuk frekuensi 1800 MHz.

Berdasarkan pengukuran di lapangan, pada jarak sekitar satu meter dari jalur pita pancar utama menara BTS yang berfrekuensi 1.800 MHz, diketahui bahwa total radiasi yang dihasilkan sebesar 9,5 watt/m2. Jika tinggi pemancarnya sekitar 12 meter, maka orang yang berada di bawahnya terkena radiasi sebesar 0,55 watt/m2.

Hehe, jangan pusing dengan penjelasan di atas. Intinya sih, kita sebenarnya tak perlu terlalu khawatir dengan radiasi dari pemancar yang ada di tower. Karena ketinggian tower rata-rata sekitar 40 meter, dan tidak ada manusia di ketinggian tersebut. Dan radiasi terbesar yang berpotensi mengganggu kesehatan adalah di udara tepatnya beberapa meter di sekitar antena pemancar, jadi relatif aman untuk kita yang ada di bawah.

Antena Link Transmisi Membuat Pusing
Saya punya seorang teman seorang Rigger, pekerjaannya naik ke tower dan mengecek kondisi antena dan perkabelannya di tower, dan merubah arah antena. Dia menceritakan pengalamannya bagaimana kepalanya terasa pusing jika berada di dekat dengan pemancar transmisi, yang bentuknya seperti gendang putih besar.

Jadi selama kita jauh dari antena pemancar tower, maka sebenarnya relatif aman. Justru radiasi dari ponsel sendiri yang meskipun kecil, tetapi dia sangat dekat dengan kepala kita, mungkin jauh lebih berbahaya ketimbang radiasi dari pemancar di tower. Dan soal kanker, sepertinya potensi kanker akibat asap rokok lebih perlu kita khawatirkan ketimbang radiasi tower. Anehnya jarang sekali yang menolak keberadaan asap rokok ini.

Tower Mengundang Petir
Soal petir, memang keberadaan tower yang biasanya lebih tinggi dari bangunan atau rumah warga, cenderung mengundang petir. Tetapi sebenarnya setiap tower dilengkapi dengan penangkal petir, ada kabel yang terhubung ke tanah, berfungsi untuk menangkap dan menyalurkan petir ke dalam tanah. Jadi keamanan dari petir juga sudah dipertimbangkan.

Tower Roboh
Dengan berbagai hal yang ternyata tidak perlu kita terlalu khawatirkan di atas, sebenarnya ada hal yang sangat berbahaya, yaitu jika tower roboh akibat konstruksi tower tidak bagus. Sepertinya itu harus lebih diperhatikan. Jangan sampai warga sekitar jadi korban, akibat dari kelalaian dalam konstruksi. Inilah kenapa biasanya ada semacam 'sosialisasi' yang disertai kompensasi, yang besarnya biasanya makin besar jika lokasi warga makin dekat dengan tower.

Polusi Suara Akibat Genset
Dan untuk beberapa tower besar yang menjadi hub site (tower induk yang menghubungkan banyak tower lainnya) biasanya dilengkapi dengan genset. Dan ini sering jadi masalah bagi warga sekitar, karena jika genset bekerja di malam hari, menimbulkan polusi suara yang mengganggu istirahat warga. Maka terkadang ketika mati listrik di malam hari, sinyal benar-benar hilang, karena tidak bisa menggunakan genset. Hal ini biasanya kami sebut sebagai "community issue", yang tidak mungkin dipaksakan. Jika sudah begini, maka Customer Care atau CS yang standby 24 jam harus menghadapi pelanggan yang sewot, hehehe.

Sudah saatnya warga masyarakat tahu dan tidak terlalu khawatir dengan keberadaan tower. Karena sebenarnya banyak yang lebih berbahaya dari keberadaan tower itu. Tower BTS bukanlah tower SUTET yang berbahaya. Radiasi tower BTS yang berbahaya hanya ada di sekitar antena, radiasi yang sampai pada warga sekitar tower masih berada di bawah ambang batas yang ditentukan. Tapi memang perlu diakui .... di era teknologi ini memang banyak penyakit yang tempo dulu tidak ada.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / teknologi dengan judul Pengaruh Radiasi Tower BTS Bagi Kesehatan Manusia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2013/05/pengaruh-radiasi-tower-bts-bagi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Joko Catur Wonosobo -

8 komentar untuk "Pengaruh Radiasi Tower BTS Bagi Kesehatan Manusia"

  1. BOHONG BESAR . Radiasi berbahaya pada tower BTS.Saya uda Nyambung kontrak 2x. Kalo radiasi berbahaya jgn pakai HP dong. Karna HP hubunganya keBTS. MUNAFIK semua.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan munafik bos....sudah jelas bahayanya...andaa sudah tau jangan menutup2pi dampak negatif tersebut karna duuuit bos.....ga ada tower samping rumah toh dah nyampe kemana-mana....ters terang saya bilang lo aja yang gila duit...mengenyampingkan kesehatan orang sekitar...anda berarti tidak bermasyarakat...taiiiiiikkk lo.

      Hapus
  2. anda genius gan :D
    Tapi gimana cara meyakinkan orang yang masih saja bilang kalau tower itu mengakibatkan radiasi.
    atau kebodohan. ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kalo towernya tepat berada di rumah,, karena itu yang saya hadapi saat ini (rencana pembangunan bts tepat dirumah saya) ortu mulai tergiur dengan noinal konpensasi yg di tawarkan

      Hapus
  3. radiasi tower BTS, ada yang meyakini termasuk ane, bisa dinetralisir dengan sebutir orgonite, ( silaken cari di mbah google ) sangat murah ongkos bikinnya, dan manfaatnya sangat terasa. mungkin bagi sebagian orang dianggap klenik karena tidak tau proses kerjanya. penemunya juga seorang profesor ( penemu cloud buster ). silaken dicoba.

    BalasHapus
  4. tetap saja ada dampak negatifnya terhadap manusia dalam waktu kedepan.

    BalasHapus
  5. namanya buatan manusia pasti pny efek negatif cuma buatan tuhan aj yang g ada efek negatifnya.... pada kenyataannya seiring berkembangnya teknologi semakin besar kebutuhan manusia akan teknologi tersebut... jadi tinggal pilih aja.... G PAKE TEKNOLOGI KRN TAKUT EFEK NEGATIFNYA ATAU TTP PAKE WALAUPUN ADA EFEK NEGATIFNYA.... hidup itu pilihan tergantung bagaimana kita menyikapinya.... dan setiap pilahan pasti ada plus minusnya....

    thx

    BalasHapus
  6. Knp oleh pemerintah izin kan ada nya pendiriaan/pembangunan tower ? Jika memang ada radiasi nya ...

    Knp pula dikeluarkan SK 4 Menteri oleh tentang Telekomunikasi ?

    Terima Kasih

    BalasHapus