Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Cara Mengetahui Kualitas Telur Yang baik

Telur memiliki kandungan gizi yang tinggi. Kualitas telur sangat penting untuk diketahui sebelum telur diolah menjadi telur asin, telur pindang ataupun menjadi makanan siap saji lainnya. Bahkan yang paling penting adalah kita mengetahui kualitas telur sebelum kita membelinya!Bagaimana Cara Mengetahui Kualitas Telur Yang baik ?
Telur segar mempunyai kekentalan yang baik, sehingga kuning telur terletak di tengah. Makin lama larutan didalamnya makin encer sehingga kuning telur bergeser ke tepi. Selain itu, kantung udara yang berada di bagian ujung dngan diameternya sekitar 1,5 cm makin lama juga akan membesar. Berdasarkan sifat itu, saat memilih telur segar kita bisa menggunakan cara:

  1. Letakkan telur di depan cahaya dan diteropong isinya sambil diputar-putar,
    - bila kuning telur bergeser, telur sudah kurang segar.
    - bila kuning telur sudah pecah dan bercampur berarti telur sudah rusak.
  2. Telur direndam dalam air tawar atau larutan garam 10% ( 1 sendok teh garam dalam 2 gelas air),
    - bila telur tenggelam, menandakan masih segar
    - bila sedikit terapung, berarti kantong udara di ujung telur membesar dan menandakan telur sudah lama
    - bila telur melayang dalam larutan, berarti telur sudah rusak
  3. Pengamatan kulit luar:
    - telur yang masih segar berwarna kulit cerah
    - telur yang sudah lama biasanya mempunyai warna kulit kusam/keruh, juga mulai timbul bintik-bintik hitam yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur.

Tags Cara Mengetahui Kualitas Telur Yang baik : kualitas telur, kuning telur, larutan garam, Makanan, memilih telur, mengawetkan telur, telor busuk, telur bagus, telur baik, telur busuk, telur rusak, tips memilih

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Pengetahuan Umum / Resep Masakan dengan judul Cara Mengetahui Kualitas Telur Yang baik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/08/cara-mengetahui-kualitas-telur-yang.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Cara Mengetahui Kualitas Telur Yang baik"

Posting Komentar