Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Srategi Nokia Mampu Eksis di Pasar Indonesia

nokia seri N

Strategi bagaimanapun sudah menjadi perbincangan yang sangat umum, orang yang berbeda mendefinisikannya sedemikian rupa untuk satu kepentingan perusahaan ataupun organisasi guna mencapai tujuan. Dunia bisnis yang semakin kompetitif dengan tingginya jumlah pelanggan dan tantangan di industri telekomunikasi yang semakin berat telah mendorong Nokia untuk menetapkan strategi yang mampu membuatnya tetap eksis di Pasar Indonesia. Strategi yang dipakai oleh Nokia untuk memasuki persaingan global yaitu dengan menerapkan strategi pemasaran dengan konsep marketing mix yang meliputi:

(a) Produk Nokia dirancang disesuaikan dengan kondisi, kebutuhan, dan keinginan konsumen. Selain itu, setiap menerbitkan produk baru Nokia memberikan produk yang selalu inovatif. Dari model, feature, aksesoris telah dirancang dengan matang dengan melakukan berbagai research untuk mengembangkan produknya.

(b) Nokia melakukan berbagai promosi untuk menjaring banyak konsumen dan membuat konsumen terpola bahwa produk Nokia memiliki brand image yang baik.

(c) Nokia melakukan penetapan harga Citra (image pricing) yaitu untuk membangun image, dengan harga yang cukup mahal disesuaikan dengan kualitas yang diberikan. Nokia juga melakukan penetapan harga bentuk-produk (product form pricing) yaitu harga ditetapkan sesuai dengan bentuk dan fasilitas-fasilitas yang terdapat pada produk tersebut.

(d) Nokia memiliki jaringan pusat layanan terbesar di Indonesia.

Dari berbagai strategi di atas dapat disimpulkan bahwa kriteria strategi yang baik dalam konsep marketing mix yang digunakan oleh Nokia dengan memperhatikan empat aspek, yaitu aspek produk yang berkualitas dan inovatif sesuai dengan keadaan konsumen, aspek promosi kepada konsumen dengan membangun brand image yang baik, aspek harga yang disesuaikan dengan kemampuan konsumen dan fasilitas yang disediakan, dan aspek distribusi channel yang sangat luas, sehingga produk Nokia dapat disalurkan kepada konsumen yang berada di daerah jangkauan pemasaran yang sulit sekalipun.

Dalam hubungannya dengan CSR (Community Social Responsibility), Nokia tidak hanya memberi perhatian terhadap produk atau layanan mereka, tetapi juga terhadap reputasi, merek dagang, goodwill, dan modal intelektualitas. Hal seperti itu tidak dapat diraba dan memiliki nilai berharga terhadap neraca perdagangan perusahaan. CSR merupakan strategi yang tepat untuk memastikan reputasi sebuah perusahaan. Selain itu, Nokia juga banyak menyerap tenaga kerja dan dari segi harga produk, Nokia tidak hanya ditujukan untuk kalangan menengah ke atas, tetapi juga ditujukan untuk kalangan menengah ke bawah. Sehingga, konsumen menengah ke bawah dapat menggunakan produk Nokia. Dari penerapan CSR tersebut, perusahaan memiliki daya tarik tersendiri bagi masyarakat, sehingga dapat meningkatkan reputasi dan nama baiknya.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Handphone dengan judul Srategi Nokia Mampu Eksis di Pasar Indonesia. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/06/srategi-nokia-mampu-eksis-di-pasar.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Srategi Nokia Mampu Eksis di Pasar Indonesia"

Poskan Komentar