Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Cara Agar Komputer Tidak Terkena Virus

anti virus
Bagaimana Agar Komputer Tidak Terkena Virus ? Tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus, dalam menggunakan komputer kita harus berhati - hati terhadap virus, apalagi virus yang bisa melumpuhkan semua aktivitas komputer tersebut. Kali ini saya akan memberikan beberapa tips agar tidak terkena virus, tips - tips yang akan saya bagikan ini sebagian besar sudah pernah saya terapkan di komputer saya dan 100% terbukti berhasil.
 
Sangat benar kata pepatah dulu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terkena virus, wow BeTe, Mau marah tapi marah pada siapa hehe, makanya hati2 yah hehe, berikut tips2 amannya

Perkembangan teknologi memang lah sangat pesat, begitu pula dengan virus, semakin banyak program - program atau softwere - softwere yang di buat oleh para ahli program, maka semakin banyak pula virus yang menyebar. Terkadang dengan mengunakan anti virus saja kita tidak bisa mencegah agar komputer kita tidak terkena virus, Apa lagi kalau anti virus nya gratisan.

Bicara tentang virus, saya pernah membaca sebuah artikel yang berbicara tentang virus, kata artikel tersebut ternyata virus bukan hanya dibuat oleh para penjahat program saja melaikan virus dibuat oleh para penjual anti virus juga. Setelah saya fikir - fikir ada benernya juga artikel tersebut, kalau virus semakin banyak yang tersebar, otomatis semakin banyak orang yang membeli anti virus yang mereka jual. Tetapi tidak semua penjual anti virus melakukan hal yang sama ya.

Beberapa tips agar komputer tidak terkena virus : 
 
1. Tips yang pertama yaitu Jangan mendownload sembarangan.

Apa pun file yang anda download contoh nya: app, mp3, image, vidio, dan file lainnya jangan lah anda sembarang mendownload, lihat terlebih dahulu penyedia tempat download anda. Sekarang banyak sekali penyedia tempat download yang apa bila kita menginginkan file mereka kita di haruskan mengistal program dari mereka. Jujur saya pernah mengalami nya, dan al'hasil komputer saya jadi lemot dan sulit untuk di oprasikan (terkena virus).

2. Hati - hati terhadap flashdisk, memory dan sejenis nya.

Untuk hal yang satu ini saya belum pernah mengalaminya. Tapi teman saya sudah pernah beberapa kali terkena hal yang semacam ini. Karna temen saya itu penjaga konter, jadi otomatis flaashdisk, memory dan sejenis nya bayak yang keluar masuk ke komputer beliau. Penyebabnya sederhana, karna flashdisk tersebut sudah terkena virus jadi komputer kita bisa dengan mudah dirayapi oleh virus yang ada di flashdisk tersebut, otomatis komputer kita juga jadi terkena virus. Biasanya virus yang ada di flashdisk ini bernama autorun. Virus ini tidak bisa di deteksi oleh anti virus yang gratisan, sekalipun terdeteksi dan kita berusaha menghapusnya, virus tersebut tidak bisa hilang, kecuali anda pintar mengunakan regedit pada sistem oprasi anda.

3. Gunakan Deep Freeze.

Ini adalah salah satu rahsia saya untuk mencegah virus masuk ke komputer saya. Deep Freeze ini bayak fungsinya, contoh nya bila kita melakukan sebuah kesalahan terhadap komputer kita dan berdampak buruk pada komputer kita, program Deep Freeze ini bisa dengan mudah menghilangkan kesalahan itu semua dengan satu kali restart. Program ini biasanya banyak digunakan pada warnet - warnet, agar komputer mereka Terhindar dari kerusakan sistem oprasi. Tapi ada satu yang tidak saya suka dari program ini, yaitu bila kita menginstal program ini kita tidak dapat menyimpan file apapun di hardisk yang sudah kita set. misalnya anda men-set program ini di hardisk C saja. Berati anda tidak bisa menyimpan file apapun di folder C hardisk anda, melaikan kita bisa menyimpen file kita di folder D. Kalau anda menyimpan file di folder C otomatis setelah anda mematikan komputer, file anda akan hilang di folder tersebut. Bila anda menginginkan program ini anda bisa cari di google dengan keyword download Deep Freeze.

4. Gunakan anti virus.

Kalau anda sudah menginstal program deep freeze, anti virus tidaklah jadi hal penting, tetapi untuk menjaga - jaga sebaiknya anda instal anti virus, yang gratisan juga gak masalah asalkan anda sudah mengistal program yang saya sebutkan tadi di atas. Tapi lain cerita bila anda tidak mengistal program tersebut, Pengunaan anti virus jadi hal yang sangat penting bila anda tidak menginstal program tersebut.

3. Jangan Asal menjalankan atau meng-Klik suatu file
wow..sekarang banyak sekali virus yang menggunakan icon dari icon2 yang ada di windows, seperti icon MS Word, icon folder, icon recyclebin, gambar2 sexy dll lah pokoke yang ada di windows gitu deh, jadi kamu harus berhati2 yah apalagi dengan File2 yang berekstensi .EXE, .VBS, .COM, .SCR, .BAT.

5. Munculkan Ekstensi Dari file2 kamu
Nah yang ini biar kamu tidak tertipu oleh virus2 itu yah, jadi kamu bisa tahu file2 yang akan kamu klik, virus atau bukan, contohnya nih, virus lokal banyak yang menjadikan icon folder itu untuk menipu korbannya, sehingga menjadi icon folder trus ada ekstensinya yaitu .exe, nah klo ekstensi file tidak kamu munculkan bisa jadi kamu akan tertipu, yang tadinya mau membuka folder kamu eh malahan jadi menjalankan file virus, nah caranya adalah :
pergi ke tools –> folder Option –>View
lalu cari—> Hide extensions for known file types, nah pada checkbox nya harus tidak dicentang yah, klo sudah silahkan di apply.

6. Hindari Auto Run saat Menancapkan flashdisk
Nah sekarang virus2 sudah banyak pula yang langsung berjalan saat kamu menancapkan flashdisk pada komputer kamu, supaya tidak terjadi auto run itu coba deh sebelum menancapkan flashdisk kamu ke komputer, kamu tekan dulu tombol Shift pada keyboard kamu, tekan agak lama, lalu tancapkan flshdisknya dengan kamu tetap menekan tombol Shift nya yah, jika tidak ada reaksi berarti flshdisk sudah tidak autorun alias tidak berjalan secara otomatis, jangan lupa yah selalu gunakan tombol Shift setiap kamu mau menancapkan flashdisk kamu. eeittt..jangan lupa tetap harus di Scan dulu yah pake antivirus kamu sebelum digunakan flashdisk nya……

7. Selalu Backup data2 penting Kamu
Nah Tips ini walopun tidak secara langsung menyelamatkan data kamu, paling tidak kamu kan masih ada backup datanya hehe

Nah itu lah tadi beberapa tips dari saya, sebenernya masih banyak tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus yang ingin saya bagikan, tetapi karena artikel ini sudah lebih dari 500 kata, jadi saya simpan dulu ya tips Agar Komputer Tidak Terkena Virus nya.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Anti Virus / tips dengan judul Cara Agar Komputer Tidak Terkena Virus . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2013/04/cara-agar-komputer-tidak-terkena-virus.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Mas Joko Wonosobo -

2 komentar untuk "Cara Agar Komputer Tidak Terkena Virus "

  1. Trims. sob udah berbagi tipsnya, jadi ane boleh coba sekarang nih ;)
    http://myapotekacemaxs.com/cara-manjur-agar-tubuh-padat-dan-berisi/

    BalasHapus
  2. masih bingung, sudah di coba tapi virus banyak sekali sampai leptop saya henk

    BalasHapus