Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Tips Cara Investasi Emas

Tips Cara Investasi EmasTips Cara Investasi Emas - Bebicara investasi yang akhir akhir ini marak dibahas, dikupas, diburu bahkan yang sedang di elu-elukan saat ini adalah property , karena memang terbukti sangat menguntungkan khususnya property yang letaknya strategis. Namun tahukah anda bahwa investasi emas memiliki prosfektif yang bagus dimasa datang?. Bahkan orang tua dulu selalu mengingatkan anaknya untuk menyisihkan emas jika ada simpanan uang. Bisa juga membeli emas online Menabung Emas dengan Membuka Akun Gold.

Mengapa kita berinvestasi emas ?

Karena memang emas adalah investasi yang sangat menarik dan aman. Likuiditasnya pun sangat bagus. Kapanpun butuh uang ..kita bisa langsung mencairkan. Apalagi kalau emas murni... maka kita tidak kena potongan 20 % seperti perhiasan emas pada umumnya.

Harga emas ditentukan oleh demand and supply. Emas di dunia jumlahnya terbatas sehingga supply rendah dan banyak investor yang beralih dari investasi saham ke investasi emas, sehingga demand terhadap emas tinggi. Sesuai dengan hukum demand and supply, bila supply rendah dan demand tinggi, maka harga emas pun akan naik. Bila harga emas naik maka nilai investasi emas pun akan naik.

Berikut alasan mengapa investasi emas lebih bagus (secara umum) di bandingkan dengan lainnya:

· Nilai emas tidak terpengaruh oleh krisis ekonomi
· Nilai emas tidak terpengaruh oleh inflasi
· Nilai emas tidak terpengaruh oleh keputusan pemerintah
· Berada diluar pengaruh system perbankan
· Semakin tinggi inflasi, semakin tinggi harga kenaikan harga emas
· Sangat mudah dijual dan dicairkan menjadi uang
· Diterima oleh semua orang di seluruh dunia
· Harga emas selalu naik dari tahun ke tahun, rata rata nail 10% - 15% per tahun
· Emas adalah Uang, sedangkan uang bukanlah EMAS.

Cara Berinvestasi Emas

Sebenarnya banyak cara berinvestasi emas seperti reksa dana emas, saham pertambangan emas, ETF (Exchange Traded Fund) emas, investasi emas berjangka dan terakhir investasi emas batangan dan perhiasan.

Di antara cara cara tersebut, mungkin cara yang terakhir yang banyak di gunakan masyarakat kita pada umumnya, yaitu investasi emas batangan dan perhiasan seperti cincin, kalung atau gelang. Sebab cara ini terbilang mudah di lakukan alias tidak merepotkan.

Kapan atau Waktu Terbaik Untuk Membeli Emas

Mungkin pertanyaan ini yang sering di tanyakan oleh anda yang ingin investasi emas. Sebelum pertanyaan tersebut kita jawab dan kupas, ada baiknya kita mundur lagi dengan pertanyaan yang lebih substantif: apa tujuan kita berinvestasi di emas? Apakah buat tabungan masa depan? Buat naik haji? Buat pendidikan anak? Dan berapa lama waktu yang kita punya untuk mencapai tujuan tersebut?

Dengan menemukan jawaban atas pertanyaan di atas, kemungkinan besar kita jadi bisa menjawab pertanyaan retoris kapan waktu terbaik untuk berinvestasi emas.

Yang pasti emas adalah kategori investasi jangka menengah – panjang, dalam artian emas cocok untuk mendukung rencana keuangan yang baru akan kita lakukan pada jangka waktu 1-2 tahun ke atas. Karena emas baru akan menunjukkan keperkasaannya pada rentang waktu minimal 1 tahun.

Dengan demikian mestinya kita tidak perlu terlalu khawatir dengan naik turunnya harga harian emas, jika kita sudah paham bahwa emas yang kita beli baru akan kita gunakan pada waktunya nanti; 1-2 tahun kedepan, bahkan mungkin 3-5 tahun yang akan datang.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk berinvestasi emas?

Dengan berbagai dasar di atas, maka mestinya kita bisa menemukan jawaban bahwa waktu terbaik untuk berinvestasi emas adalah ketika kita sudah mempunyai rencana keuangan yang jelas sebagai tujuan investasi emas kita dan juga pada waktu tersebut kita telah mempunyai uang (seberapapun kecilnya) yang memang kita alokasikan untuk investasi emas tersebut.

Jika rencana sudah jelas, uang telah tersedia, maka berapapun harga emas hari itu silahkan dibeli saja. Kita tidak perlu menyesal jika kemudian harga emas keesokan harinya turun sekitar 3-5rb/gr karena memang kita tidak berencana jual emas keesokan harinya, tapi nanti 1-2 tahun lagi.

Kalau kita selalu khawatir dengan naik turunnya harga harian emas, saya malah khawatir bahwa kita tidak akan sampai kemana-mana.

Bagaimana Cara Membeli Emas

Sebelum anda memutuskan untuk membeli emas sebagai investasi, sebaiknya anda perlu perhatikan beberapa hal berikut:

1. Bandingkan harga secara online maupun offline. Biasanya pedagang emas mencari untung sekitar 10ribu-15ribu dari harga saat ini. Bisa check harga di http://logammulia.com/gold-bar-id
2. Beli emas dalam pecahan kecil contohnya 5 gram, 10 gram, 20 gram atau 50 gram. Sehingga memudahkan Anda dalam bertransaksi.
3. Jika anda ingin beli PT. Logam Mulia atau pegadaian, sebaiknya anda telpon dulu untuk menanyakan stok dan biaya keseluruhan.
4. Usahakan pada emas tertera logo Logam Mulia dan sertifikat. Kalau tidak ada cukup surat dari toko yang bersangkutan mengenai emas yang Anda beli, seperti karat dan jumlah gramnya.
Sertifikat Emas Asli


5. Jika anda memiliki toko langganan, Anda bisa bertransaksi lewat telepon dan barang dikirim ke rumah Anda.
6. Simpan bukti pembelian dan bukti keaslian emas
7. Biaya Produksi. Biaya produksi yang dikenakan berkisar antara Rp 33.500,- sampai dengan Rp 102.000,-/keping emas

Bagaimana, anda sudah menentukan untuk investasi emas. Bagi yang tertarik untuk investasi emas batangan bisa membeli di pegadaian atau di PT. Logam Mulia. Di pegadaian harga emasnya mengacu ke harga PT. Logam Mulia. Untuk jelasnya bisa kunjungi masing masing websitenya:

· PT. Logam Mulia: http://logammulia.com/contact-us-id.php
· Pegadaian : http://www.pegadaian.co.id/faq.php

Jika anda tidak mau repot, anda bisa membeli emas di EMAS 24KARAT. Di sana anda tinggal pesan emas yang anda inginkan, lalu emas tersebut akan di antarkan ke rumah anda.

Ada juga jenis emas online, bentuknya fiktif. Kita bisa investasi dengan menyetor dana sesuai dengan harga emas yang kita inginkan. Tidak ada batasan minimal, pada waktu harga naik kita bisa menjualnya kembali. Lebik jelasnya baca Menabung Emas dengan Membuka Akun Gold
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Investasi dengan judul Tips Cara Investasi Emas. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2011/08/tips-cara-investasi-emas.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Joko Catur -

Belum ada komentar untuk "Tips Cara Investasi Emas"

Poskan Komentar