Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Google Mengubah lagi persepsinya tentang atribut Nofollow

googlebot

Google mengubah lagi persepsinya tentang atribut nofollow.Google, Pagerank Sculpting, Link Power, SEO, Web Development.
Google mengubah lagi persepsinya tentang atribut nofollow. Apakah perubahan ini berpengaruh terhadap situs anda? Mungkin, kalau sebelumnya anda memang menggunakan atribut nofollow ini untuk memanipulasi/sculpting PageRank situs anda.

Apa sih PageRank Sculpting ini?

PageRank Sculpting adalah upaya memanipulasi link power dari satu halaman website ke halaman lainnya pada website yang sama. Misal saat Google menemukan situs dengan tiga buah link/tautan, maka link power didistribusikan secara merata pada ketiga tautan ini:


Googlelinkpower


Kalau anda sebagai webmaster dari situs yang memiliki halaman dengan PageRank 8, maka anda bisa saja berpikir untuk tidak mendistribusikan link dari halaman dengan PR tinggi itu ke halaman «Terms of Service» atau «Privacy Policy».


Karena alasan ini maka anda sebagai webmaster-nya menggunakan atribut «rel=nofollow» untuk link ke 2 halaman tersebut seperti berikut : <a href=»tos.htm» rel=»nofollow»>Terms of Service</a>



Link yang diberi atribut nofollow tidak akan «diikuti» oleh Google. Artinya halaman situs yang lain mendapat keuntungan dari tingginya PageRank halaman yang memberi tautan. Seperti berikut:


Googlelinkpower2


Pada ilustrasi diatas link pertama tidak memberi link power sementara link 2 dan 3 masing-masing mendistribusikan sebagian dari link power yang ada ke halaman tujuan. Hasilnya halaman yang ditaut mempunyai peluang besar untuk mendapat posisi SERP yang lebih tinggi.


Sekarang apa yang berubah?


Matt Cutt (chief webspam team dari Google) kemarin-kemarin mengeluarkan pernyataan tentang cara Google sekarang menilai link dengan atribut nofollow:

Googlelinkpower3

Apa artinya buat website anda?

Implikasi perubahan ini adalah taktik PageRank Sculpting dengan menggunakan atribut nofollow tidak bisa digunakan lagi. Jadi kalau anda memasang atribut nofollow pada tautan yang mengarah ke satu halaman masih pada website yang sama sebaiknya dihapus saja. Anda menyia-nyiakan link power untuk halaman website anda sendiri.

Jangan buang-buang waktu dengan melakukan manipulasi pada tautan-tautan di situs anda. Lebih baik fokus pada perbaikan user/visitor experience dengan konten yang baik dan navigasi yang mudah dimengerti. Situs dengan visitor experience yang baik biasanya mendapat tautan lebih banyak dari situs lain.

Google, Pagerank Sculpting, Link Power, SEO, Web Development

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Google dengan judul Google Mengubah lagi persepsinya tentang atribut Nofollow. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/09/google-mengubah-lagi-persepsinya.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Google Mengubah lagi persepsinya tentang atribut Nofollow"

Poskan Komentar