Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Desain Gambar Ponsel Menggunakan CorelDraw

Corel Draw merupakan software desain desain yang banyak digunakan oleh para desainer grafis di seluruh dunia. Kemudahan dalam penggunaan merupakan salah satu keunggulan Corel Draw. Selain itu, kemampuannya untuk menciptakan berbagai desain unik dan menarik pun tak perlu diragukan lagi. Software ini telah banyak digunakan untuk berbagai keperluan grafis, seperti desain vektor 2D dan 3D, pembuatan media iklan, dan lain sebagainya.


Tutorial ini membahas mengenai pembuatan bentuk objek, yaitu ponsel, yang natinya dapat juga dipakai sebagai bagian dari desain untuk media promosi atau iklan dari produk ponsel tersebut.

Mulailah dengan membuat sebuah bentuk persegi dengan menggunakan rectangle tool (F6). Setelah bentuk persegi terbentuk, ubah sudut-sudut persegi tersebut menjadi bentuk lengkung. Caranya, pilih shape tool (F10) kemudian tarik (drag) control point pada sudut persegi sehingga sudut tersebut menjadi tidak runcing lagi.

Duplikasi bentuk tersebut dengan ukuran sedikit lebih kecil dan berada di dalam bentuk pertama yang kita buat. Caranya adalah dengan menggunakan Pick Tool tarik (drag) ke dalam control point di sudut sambil menekan Shift. Setelah bergeser ke dalam, klik kanan dan tahan dahulu barulah melepas klik kiri. Hasilnya akan terlihat seperti gambar 1. Sekarang kita memiliki dua bentuk persegi. Pada persegi besar (luar) beri warna hitam, dan persegi kecil (dalam) beri warna putih atau abu-abu. Hasilnya seperti gambar 2.

Pilih persegi dalam yang berwarna putih, kemudian buat dia bergradasi dari putih menjadi transparan. Caranya gunakan interactive transparency tool, kemudian tarik garis dari atas ke bawah seperti gambar di samping. Jika warna putih terlalu mencolok, Anda dapat menggantinya dengan abu-abu.
Hasil akirnya seperti terlihat pada gambar 3. Ada gradasi dari putih ke transparan. Tetapi karena backgroundnya berwarna hitam, maka seolah gradasinya dari putih ke hitam.

Dengan cara yang sama dengan langkah pertama kita memulai, buatlah sebuah layar. Beri warna bergradasi dari biru tua menjadi biru muda, dengan cara pilih Fill > Fountain Fill.. (F11) dan isikan warna dari (from) biru tua ke (to) biru muda, Type linear, dan Option Angle isikan -90.0 derajat. Efek glossy pada layar dibuat dengan cara menduplikat layar kemudian beri warna putih dan buat menjadi bergradasi dari putih ke transparan. Caranya sama dengan langkah pertama gambar 2. Jika Anda melakukannya dengan benar hasilnya nampak seperti gambar 4 di samping.


Selanjutnya adalah membuat tombol/keypad dan menyisipkan text untuk memberi beberapa tulisan sesuai kehendak. Tombol persegi dibuat dengan menggunakan Rectangle Tool (F6) dan sudutnya dibentuk lengkung dengan menggunakan shape tool (F10). Caranya sama dengan cara di awal membuat bentuk dasar ponsel. Untuk tombol lingkaran, gunakan ellipse tool (F7) dan tahan tombol Ctrl di keyboard agar lingkaran yang terbentuk bulat sempurna. Gradasi warna untuk tiap tombol, diatur dengan memilih Fill > Fountain Fill… (F11). Gradasinya adalah dari abu-abu ke putih. Perlu diperhatikan di sini tipe gradasinya. Untuk joystick (lingkaran) type gradasinya adalah radial, tombol panjang type linear, dan tombol kecil type square.

Terakhir, sisipkan text dengan Text Tool (F8) dan sisipkan gambar ikon dengan memilih menu File > Import (Ctrl-I).

Selesai, dan hasilnya seperti gambar di atas.

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Grafis / Tutorial CorelDraw dengan judul Desain Gambar Ponsel Menggunakan CorelDraw. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/08/desain-gambar-ponsel-menggunakan.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Desain Gambar Ponsel Menggunakan CorelDraw"

Poskan Komentar