Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Tidur Miring Agar Tidak Mendengkur Lagi

mendengkur

Ayo, siapa yang sering mendengkur ? Saya ................., Katanya sih. Soalnya tidak pernak terasa. Apabila tidak disepak dengan teman tidur anda (baik istri, saudara, dan mungkin pacar ;hehe) banyak orang yang tidak tahu bahwa mereka jika tidur sedang menggergaji kayu gelondongan. Akan tetapi bahkan meskipun tulang keringnya sampai biru karena memar, ada orang yang tetap tidak percaya. Mungkin baru percaya jika dipasangkan alat perekam ketika tidur.

Sebenarnya mendengkur itu tidak mengundang resiko kesehatan jika masih dalam tingkat ringan sampai sedang saja. Tapi jika dengkurnya luar biasa kerasnya itu baru kena masalah medis yang sangat serius. Salah satunya adalah masalah pendengaran. Maksudnya, ada orang yang dengkurnya amat keras (kerasnya kurang lebih sama gemuruh sebuah mesin diesel) jika terdengar dari jarak dekat setiap malam dapat merusak pendengaran baik diri sendiri maupun teman tidur anda. Kemudian resiko kesehatan yang paling besar berasal dari dengkur tingkat paling lanjut yang biasa dikenal sebagai Obstructive Sleep Apnea. Di sini tanpa sepengetahuan dan di luar kesadaran anda (karena sedang tidur nyenyak), jalan nafas tersumbat secara total sehingga anda tidak dapat bernafas. Agak lama kemudian barulah anda mulai bernafas lagi dengan sentakan dan bunyi yang sangat keras (biasanya sampai anda terjaga). Kejadian ini dapat terjadi beberapa ratus kali dalam semalam, dan menurunkan kadar oksigen dalam darah sampai di bawah normal sehingga membuat jantung anda bekerja lebih keras dimana dapat mengundang masalah kardiovaskular.

Namun semua hal di atas itu dapat anda hindari atau paling tidak dikurangi frekuensinya dengan mengikuti tips dan trick berikut ini :
  • Berhenti Merokok ; Merokok memang banyak ruginya dari manfaaatnya, asap rokok dapat membuat jaringan - jaringan baik di tenggorokan maupun hidung mengalami iritasi, sampai bengkak dan menyumbat aliran udara.
  • Rampingkan dan bugarkan tubuh ; Walaupun orang kurus juga bisa mendengkur namun orang yang berbadan gemuk bisa mendengkur tiga kali lebih sering.
  • Jangan makan terlalu banyak ; Maksudnya jangan makan terlalu banyak tiga jam sebelum tidur, hindari juga cemilan ketika anda terjaga pada tengah malam. Itu karena proses pencernaan membuat otot-otot dimanapun termasuk di tenggorokan anda menjadi santai dan lemas.
  • Jangan tidur telentang ; Tidur menyamping mungkin dapat mencegah lidah dan daging yang menggantung di langit-langit mulut jatuh dan menutup jalan nafas.
  • Naikkan posisi kepala dan pundak anda ; Posisi ini dapat membantu mencegah dengkur karena dalam posisi demikian lidah tidak akan "runtuh" menutup jalan nafas, karena dengkuran adalah akibat tertutupnya jalan nafas.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul Tidur Miring Agar Tidak Mendengkur Lagi. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/08/tidur-miring-agar-tidak-mendengkur-lagi.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Tidur Miring Agar Tidak Mendengkur Lagi"

Poskan Komentar