Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Melihat peluang dari Sarang Semut Papua

Melihat peluang dari Sarang Semut Papua.
Tanaman ini berasal dari Papua, tepatnya sebelah barat hutan di daerah Wamena. Berbentuk unik layaknya kayu tua dengan tinggi tak lebih dari 1 meter, dan batang yang banyak mirip tangan seekor gurita. Bagian bonggolnya terlihat menggelembung seukuran bola volley sedangkan bagian dalam berwujud rongga-rongga serbuk berwarna cokelat kehitaman seperti bagian kayu lapuk yang menjadi tempat tinggal hewan semut atau rayap sehingga penduduk asli sekitar Wamena macam Suku Bogondini dan Suku Tolikara menamainya tumbuhan Sarang Semut.
Secara genetis, Sarang Semut termasuk dalam spesies Myrmecodia Pendans yang sanggup hidup lama di atas tanah hutan minim air dan perlakuan khusus. Permukaan batangnya dipenuhi oleh duri tajam berfungsi melindungi diri dari binatang herbivora. Jika ingin membudidayakan tanaman ini, mudah saja. Kondisikan tempat penanaman sebagaimana habitat asli Sarang Semut. Demikian keterangan Winston Moeni, pemilik Winston Nursery Sukoharjo, Jateng yang beberapa tahun belakangan mulai mengembangkan Sarang Semut di Jawa.
...

“Di samping bisa dijadikan tanaman hias karena kekhasan bentuknya, Sarang Semut juga bisa dijadikan sebagai tanaman obat sebagaimana yang dilakukan masyarakat Suku Bogondini dan Suku Tolikara sejak ratusan tahun silam. Sering mereka mencampur sarang semut dengan bubur sagu atau makanan pokok lainnya untuk menyembuhkan rematik, asam urat dan pegal-pegal. Ketika hewan ternak mereka sakit, mereka mengobatinya juga dengan rebusan Sarang Semut”.
Hanya itukah khasiat Sarang Semut? Ternyata tidak. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat-zat yang terdapat pada Sarang Semut berguna untuk meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh serta mampu memberikan energi bagi manusia. Kandungan zat-zat itu meliputi beberapa senyawa aktif antioksidan (Tokoferol dan Fenolik), Kalsium (Ce), Natrium (Na), Kalium (K), Seng (Zn), Besi (Fe), Fosfor (P) dan Magnesium (Mg), dan dimungkinkan ada kandungan-kandungan lainnya yang sampai sekarang masih terus dibuktikan secara klinis.
Jadi Sarang Semut mampu menanggulangi multi ragam penyakit dari yang ringan sampai penyakit berat dan kronis. Adapun manual pembuatan obat Sarang Semut cukup simpel yaitu dengan mengambil lima sendok serbuk bagian dalam tanaman ini kemudian dilarutkan, diaduk-aduk ke dalam segelas air putih atau sekitar 200 cc. setelah itu diminum sedikitnya 3 kali sehari.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan / Peluang Usaha dengan judul Melihat peluang dari Sarang Semut Papua. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/08/melihat-peluang-dari-sarang-semut-papua.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Melihat peluang dari Sarang Semut Papua"

Poskan Komentar