Informasi seputar Kabupaten Wonosobo, Kecamatan Sukoharjo, Catatan Lintang Ayu, Jelita Aristawati, download gratis,software gratis, tutorial blogspot, tutorial wordpress, tutorial adobe photoshop, tutorial coreldraw,Aplikasi HP,Mobiles games, aplikasi symbian,Java game

Membuat Permalink Blogspot SEO Friendly

Dalam tutorial blogspot kali ini saya mencoba menulis tentang SEO, Menempatkan keyword dalam permalink ? Apa maksudnya keyword dalam permalink ? Apa pula pengaruh keyword dalam permalink ? Gimana cara menempatkan keyword dalam permalink? Itulah sederetan pertanyaan yang pertama kali saya dapati saat mengenal istilah keyword, permalink dan seabreg istilah lain yang sering kita temui dalam tulisan tentang SEO

"Keyword" itu artinya kata kunci. Maksudnya gini: dalam menulis artikel itu... kan kita punya tema. Misalnya tulisan saya ini bertema mengoptimasi keyword agar masuk dalam permalink. Nah dalam menulis... saya harus menitik beratkan pada kata-kata tertentu yang kira-kira paling banyak dicari orang melalui mesin pencari seperti google atau yahoo.

Nah... kalo udah ketemu dan yakin menempatkan keyword tersebut (Keyword yang kita bidik tadi) barulah keyword tadi kita susun menjadi kata-kata, dan jadilah judul post.

Untuk lebih jelasnya lagi... bisa diperhatikan kata2 atau kalimat yang saya tulis tebal dan bertanda kutip. Ini contoh riil keyword saya pada post ini.

Yang perlu kita perhatikan adalah "kata kunci" / "Keyword". sebaiknya terdapat juga pada judul postingan. Karena dengan meletakkan keyword di judul postingan dengan sendirinya akan masuk dalam permalink post. Eit... tunggu dulu... nggak semua keyword akan muncul dalam permalink. Terutama pengguna blogspot. Karena sistem permalink blogspot yang auto arranger permalink, dan blogspot membatasi jumlah karakter (+/- 32 s/d 38 karakter) dalam permalinknya... maka kita harus jeli dalam membidik keyword. Artinya pilihlah kata-kata yang bernilai penting dan menarik. Dan kalau judulnnya melebihi 38 karakter, kata kuncinya sebaiknya ditaruh sebelum pasisi karakter ke 38.

Sebuah sentuhan kecil agar blog kita lebih bersahabat dengan search engine adalah dengan mengganti tag :

<title><data:blog.title/></title>

menjadi

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>

Caranya.. masuk ke Dasbord Blog anda... klik lay out, Klik Edit Html. Untuk mempermudah pencarian kode yang berwarna merah tersebut, tekan ctrl + f tuliskan kode
<title><data:blog.title/></title> di kolom yang muncul di sudut kiri bawah browser anda. Klik find next. Nah keluar kan kode yang harus di ganti? (cara pencarian kode ini hanya untuk firefox). Setelah itu klik save template


Dengan sedikit sentuhan ini... maka peletakan keyword dalam judul post anda akan dianggap menjadi judul blog anda. Artinya.. setiap halaman post anda dianggap (oleh search engine) sebagai blog yang berdiri sendiri. Cara ini udah jadul koq. Soale udah dipake semua blogger.

Dan jangan lupa... kalau kita yakin blog kita SEO friendy; carilah keyword yang paling banyak di cari orang. (ini disarankan jika anda benar-benar menguasai SEO . Tapi kalo kayak saya yang nggak ngoh tentang SEO.... he.. he.. he... menerapkan seo asal-asalan)
Bagaimana menurut anda SEO itu susah atau melelahkan?


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori SEO / Tutorial Blogspot dengan judul Membuat Permalink Blogspot SEO Friendly. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://lint4ng4yu.blogspot.com/2009/07/membuat-permalink-blogspot-seo-friendly.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Lintang Ayu -

Belum ada komentar untuk "Membuat Permalink Blogspot SEO Friendly"

Poskan Komentar